Minggu, 28 April 2019

Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran K13

Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran K13


http://www.admpembelajaran.com/2019/04/instrumen-pengamatan-pelaksanaan-pembelajaran-k13.html


Instrumen ini dapat digunakan untuk penilaian Tematik Terpadu/ Mata Pelajarandisamping itu juga disebut; Format Pengamatan Praktik Pelaksanaan Pembelajaran dan Penilaian (Tematik Terpadu/Mata Pelajaran). Ada juga disebut Instrumen observasi, tujuannya adalah pengamatan pelaksanaan pembelajaran dan praktik di sekolah/madrasah.

Instrumen pengamatan pelaksanaan pembelajaran k13-edisi revisi kurikulum 2013 (K13) yang berlaku sekarang perlu ada pengukuruan melalui instrument yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, Kegiatan penilaian dan kegiatan penutup. Ke-empat kegiatan ini menjadi kesatuan dalam pelaksanaan pembelajaran k13


Instrumen Pengamatan ini terdiri dari beberapa tahapan pelaksanaan yang terdiri dari; Kegiatan pendahuluan terdiri dari tujuh (7) instrumen. Pada kegiatan Inti terdiri dari tujuh (7) instrumen. Pada kegiatan penilaian terdiri dari tiga (3) instrumen dan kegiatan penutup terdiri dari lima (5) instrument. Semuannya berjumlah 22 instrumen.

Semua ini dapat di DOWNLOAD pada paragraf terakhir artikel ini. sebagai bentuk penilaian atau panduan penskoran sebagai berikut;  


Panduan penskoran:

Peringkat
Kriteria
SangatBaik  ( SB)
·         91-100%  aspek yang dinilai terpenuhi dan dilakukan dengan tepat.
Baik  (B)
·         76-90%  aspek yang dinilai terpenuhi dan dilakukan dengan tepat
Cukup (C)
·         50-75%  aspek yang dinilai terpenuhi dan masih perlu ditingkatkan
Perlu Bimbingan (PB)
·         <50% aspek yang dinilai terpenuhi dan masih perlu  ditingkatkan.

Instrumen pengamatan pelaksanaan pembelajaran k13 ini kiranya dapat dilaksanakan dalam pembelajaran kurikulum 2013 (K13) di setiap jenjang satuan pendidikan di sekolah dan madrasah.    

Artikel Terkait; Instrumen AuditKinerja Guru Sertifikasi

Artikel Terkait; InstrumenPKG Kepala Perpustakaan Document

Untuk lebih lengkap, kalau anda mau DOWNLOAD  atau berikut ini silakan klik, Instrumen pengamatan pelaksanaan pembelajaran k13. semoga bermanfaat di dalam proses pembelajaran bapak/ibu guru di sekolah/madrasah.

Romeltea Media
Adm Pembelajaran Updated at:

Be the first to reply!

Posting Komentar

 
back to top