Minggu, 25 November 2018

Aplikasi Analisis Ulangan Harian K13

Aplikasi Analisis Ulangan Harian K13

Aplikasi Analisis Ulangan Harian K13


Bahagian dari Adm pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh para guru setelah melaksanakan proses pembelajaran maka harus melaksanakan evaluasi (ujian) atau penilaian, kemudian melaksanakan analisis ulangan harian (enaknya menggunakan aplikasi exel seperti ini). Ketika melaksanakan, analisis hasil ulangan harian, tentu hasilnya ada yang remedial  dan ada yang pengayaan. Kepada yang hasilnya (skors) tidak mencapai Kriteria Ketentuasan Minimal (KKM) maka harus dilaksanakan remedial dan yang sudah mencapai skors batas KKM harus diberikan pengayaan

Pengertian Remedial dan Pengayaan

Remedial adalah pengulangan pengajaran terhadap kompetensi Dasar (KD) atau indicator tertentu sesuai hasil analisis. Setelah pengulangan pengajaran kemudian melakukan ujian kembali pada materi tertentu. Sedangkan apabila setelah ujian dan hasil ujian tidak tuntas dan dilaksanakan test (Ujian) langsung tanpa pengajaran kembali itu tidak sesuai prosedur dalam proses pembelajaran, ini disebut test remedial. Sedangkan, pengayaan adalah penguatan pemberian materi yang berkenaan dengan hasil test tersebut. 

Perlu diingat dalam pelaksanaan remedial atau disebut pengulangan pengajaran (remedial teaching) pada materi tertentu kemudian di test lagi. Setelah 2-3 kali belum berhasil mencapai skors KKM maka harus diadakan pengajaran secara perlahan (oral teaching) khusus kepada siswa tertentu. Apa bila hasil Ulangan Harian tidak mencapai tingkat  kelulusan minimal 70% pada indikator tertentu maka wajib mengulang proses pembelajaran. 

Demikian sedikit pemahaman tentang remedial dan pengayaan yang berhubungan dengan analisis hasil ulangan harian. Semoga dapat menambah pengatahuan tentang “remedial”, dan “pengayaan”. bermanfaat dalam melakasanakan proses belajar mengajar dan Analisis Hasil Ulangan Harian, para siswa. Silakan gunakan aplikasi ini semoga membantu ada dalam melaksanakan analisis hasil ulangan harian. 

Pada kurikulum 2013 semua sebutan/ istilah “Ujian” diganti menjadi “Penilaian”. Misalnya; Ulangan Harian (UH) menjadi Penilaian Harian (PH), Ujian Tengah Semester (UTS) menjadi Penilaian Tengah Semester (PTS), Ujian semester menjadi Penilaian Semester, demikian juga dengan sebutan ujian lainnya. Ulangan Harian disebut juga latihan untuk mengetahui batas kemampuan para siswa pada KD atau materi tertentu. Ulangan Harian dapat berupa Test maupun non test (ujian pengamatan). Pengertian ujian adalah Ujian berarti hasil menguji; hasil memeriksa. 

Berikut ini disajikan contoh; aplikasi analisis hasil ulangan harian, dalam hal ini tentu ada soal Pilihan Ganda (PG) dan soal Essay. Semua jenis ujian harus dianalisis tujuannya untuk mengetahui kemampuan para siswa pada kompetensi dasar (KD) atau pada indikator mana saja yang belum diketahui atau belum dikuasai oleh siswa. Sehingga para guru dapat memetakan kemampuan para siswa.

Mau Aplikasinya  DI SINI DOWNLOAD.

Romeltea Media
Adm Pembelajaran Updated at:

Be the first to reply!

Posting Komentar

 
back to top