Senin, 05 Maret 2018

Buku Kerja Guru K13 Revisi 2018

Buku Kerja Guru K13 Revisi 2018


Buku Kerja Guru K13 Revisi 2018

Dalam kurikulum 2013 telah terjadi penyempurnaan kembali sebagaimana hasil rapat Bimtek Kemdikbud bahwa, Buku Kerja Guru K13 Revisi 2018, sebagai bagian dari tugas proses belajar mengajar (PBM), guru harus menyiapkan buku kerjanya pada tahun ajaran baru 2018 diharapkan dapat melengkapi buku kerja guru sebagaimana diuraikan dibawah 4 kelompok buku kerja. Disamping menyiapkan buku kerja guru sebagai bagian kompetensi paedagogik. Bahwa  melaksanakan PBM adalah satu bagian, administrasi (buku guru) adalah bahagian yang kedua penting dan perlu dipersiapkannya di awal tahun ajaran baru.

Dalam hal system penilaian setelah terjadi kegiatan pembelajaran atau PBM guru harus melakukan penilaian (evaluasi) kepada siswa. Dalam hal penilaian jika terjadi perbedaan jumlah skors dari hasil penilaian pada satu Kompetensi Dasar (KD), misalnya ada dua tahap “Nilai Praktek” dalam satu KD, maka nilai yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Perhitungan Nilai keterampilan “dalam satu KD ditotal penilain yang terdiri dari;  (Praktek, Produk, Portopolio), dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama. Di samping itu penerapan Pendekatan scientific 5 M tidak perlu diterapkan secara bersamaan, tapi disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu tergantung materi yang sesuai penerapannya.  

Buku Kerja Guru K13 Revisi 2018

Kelengkapan Buku Kerja Guru ada 4 kelompok yaitu Administrasi Guru 2018 yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut:

A. BUKU KERJA 1 :
1. SKL, KI, dan KD
2. Silabus
3. RPP
4. KKM

B. BUKU KERJA 2 :
1. Kode Etik Guru
2. Ikrar Guru
3. Tata Tertib Guru
4. Pembiasaan Guru
5. Kalender Pendidikan
6. Alokasi Waktu
7. Program Tahunan
8. Program Semester
9. Jurnal Agenda Guru

C. BUKU KERJA 3 :
1. Daftar Hadir 
2. Daftar Nilai Siswa
3. Penilaian Akhlak/Kepr
4. Analisis Hasil Ulangan
5. Progpel Perbaikan & Pengayaan
6. Daftar buku Pegawai Guru/Siswa
7. Jadwal Mengajar (Roster)
8. Daya Serap Siswa
9. Kumpulan Kisi -kisi soal
10. Kumpulan Soal
11. Analisis Butir Soal
12. Perbaikan Soal

D. BUKU KERJA 4 :
1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru


Inilah informasi kepada guru bahwa; Buku Kerja Guru K13 Edisi 2018, merupakan konsekwensi penyempurnaan kelengkapan administrasi guru yang harus dilengkapi disamping PBM.

Penerapan kelengkapan, Buku Kerja Guru k13 edisi 2018, dengan kata lain adalah administrasi guru ini diharapakan tahun ajaran baru 2018 ini dapat disiapkan oleh guru. Disamping administrasi lainnya, misalnya; Buku Catatan Kelebihan dan Kekurangan Siswa, dan buku adminstrasi lainnya. Demikian semoga bermanfaat. 

Romeltea Media
Adm Pembelajaran Updated at:

Be the first to reply!

Posting Komentar

 
back to top