Jumat, 23 Februari 2018

Silabus K13 Revisi 2017 SD Tematik Terpadu

Silabus K13 Revisi 2017 SD Tematik Terpadu 

Silabus K13 Revisi 2017 SD Tematik Terpadu


Silabus Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Tematik Terpadu Revisi 2017 bahwa; Silabus K13 Revisi 2017 SD Tematik Terpaduini terdiri dari mata pelajaran yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya, dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Untuk mata pelajaran Pendidikan Agama (PAI) dan Budi Pekerti adalah mata pelajaran yang berdiri sendiri tidak termasuk tematik dari semua tingkatan. Tematik Terpadu maksudnya satu paket atau satu kelompok mata pelajaran yang diajarkan secara bersamaan dalam satu tema tertentu.  

Pembelajaran Tematik dilaksanakan di semua kelas di SD/MI baik di kelas I-III (kelas rendah) maupun kelas IV–VI (kelas tinggi). Di kelas rendah belum ada mata pelajaran IPA dan IPS yang berdiri sendiri. Namun, untuk mata pelajaran IPA dan IPS diintegrasikan ke dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.  Dalam hal ini, pembelajaran Tematik di tingkat SD/MI hanya sampai dengan kelas III untuk mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Sedangkan pada  kelas IV, V, dan VI diajarkan sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Pembelajaran Tematik diajarkan secara bersamaan per paket dan tidak diajarkan secara terpisah agar pembelajaran dapat memberikan makna yang utuh sebagaimana Tema. Tema yang pilih diusahakan yang mendekati hal-hal yang dialami para murid. Pembelajaran tematik disusun berdasarkan berbagai proses integrasi yaitu integrasi intradisipliner, multi-disipliner inter-disipliner, dan trans-disipliner. Muatan-muatan yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran merujuk pada aktivitas besar yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, yaitu kemaritiman, agraris, dan niaga/jasa.

Jadi apa yang membedakan, Silabus K13 Revisi 2017 SD Tematik Terpadu, dengan model pelbelajaran kurikulum sebelumnya. Bahwa pada; Silabus K13 Revisi 2017 SDModel Silabus Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Tematik Terpadu Revisi 2017 menekankan kepada; Pertama pengajaran Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang terfokus kepada lima (5) karakter yaitu; (1).Religius, (2).Nasionalis, (3).Mandiri, (4).Gotong royong dan (5).Integritas). Kedua, yaitu denga istilah; 4C (1) Creative, (2) Critical Thinking, (3) Communicative, and (4) Collaborative). Sebagai usaha untuk meraih keunggulan abad 21. Ketiga Higher Order Thinking Skill (HOTS)  yaitu pengajaran cara berpikir tingkat tinggi bahwa soal-soal yang dirancang harus memiliki tingkat kesukaran tingi misal dengan memperhatikan kata yang dipakai dalam proses pembelaran seperti disebutkan Bloom tentang kata kerja operasional (KKO). 


Lihat Artikel Terkait, Kata Kerja Operasional (KKO) Teori Bloom

Untuk Lebih sempurna tentang Model Silabus Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) Tematik Terpadu Revisi 2017 yaitu; Silabus K13 Revisi 2017 SD Tematik Silakan  DOWNLOAD  aja  atau Klik di  SINI

Romeltea Media
Adm Pembelajaran Updated at:

Be the first to reply!

Posting Komentar

 
back to top