Jumat, 16 Februari 2018

Panduan Penyusunan RPP SMP K13 Revisi 2017 Pdf

Panduan Penyusunan RPP SMP K13 Revisi 2017 Pdf

Panduan Penyusunan RPP SMP K13 Revisi 2017 Pdf



A. Pengertian RPP
Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran yang dilakukan sebagai persiapan oleh guru kepada siswanya sebagai langkah awal dalam proses belajar mengajar (PBM) ketika tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan berdasarkan  silabus sebagai usaha untuk mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. RPP dikembangkan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran. Bertujuan agar persiapan guru ketika melaksanakan proses pembelajaran sudah siap RPP.

RPP disusun dengan memperhatikan; perbedaan kemampuan tingkat intelektual, bakat, motivasi belajar, minat, potensi, kemampuan sosial, gaya belajar,emosi, latar belakang budaya, kebutuhan khusus, , norma, kecepatan belajarnilai, dan/atau lingkungan peserta didik. Tahapan pelaksanaan proses pembelajaran adalah untuk membantu peserta didik mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan

Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis sebagai langkah awal dari proses pembelajaran. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan efisien dalam rangka mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi. RPP disusun berdasarkan serangkaian KD yang dilaksanakan tiap pertemuan. Penyusunan RPP ini dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di sekolah/madrasah. Sebaiknya hal ini dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah/madrasah.Pengembangan RPP yang dilakukan oleh guru secara berkelompok melalui MGMP antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau Dinas Pendidikan atau Kantor Kementerian Agama setempat.

Lihat artikel Terkait, Modul Penyusunan Soal HOTS Pdf

Dalam Kurikulum 2013 sebagaimana disebutkan dalam Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah bahwa peserta didik harus diajarkan untuk mencari tahu bukan diberi tahu. Prinsip ini merujuk pada konsep pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student active learning).

B. Prinsip Penyusunan RPP
Prinsip yang harus diperhatikan guru yaitu;
1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
2. Berpusat pada peserta didik
3. Berbasis konteks
4. Berorientasi kekinian
5. Mengembangkan kemandirian belajar
6. Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
7. Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atauantarmuatan
8. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi


Peserta didik adalah subjek yang memiliki kemampuan untuk secara aktif mencari, mengolah, mengonstruksi, dan menggunakan pengetahuan. Agar benar-benar memahami dan dapat menerapkan pengetahuan, peserta didik perlu didorong untuk bekerja memecahkan masalah, menemukan segala sesuatu untuk dirinya, dan berupaya keras mewujudkanide-idenya.


Untuk Lengkap, Panduan Penyusunan RPP SMP K13 Revisi 2017 Pdf, silakan DOWNLOAD atau klik di SINI.

Romeltea Media
Adm Pembelajaran Updated at:

2 komentar so far. What are your thoughts?

 
back to top