Selasa, 30 Januari 2018

Konsep Penilaian Hasil Belajar K13 Revisi 2017

Konsep Penilaian Hasil Belajar K13 Revisi 2017

Konsep Penilaian Hasil Belajar K13 Revisi 2017


Penilaian hasil belajar siswa dilakukan untuk mengukur pencapaian proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan oleh oleh; 1) Pendidik, 2) Satuan pendidikan, dan 3) Pemerintah. Konsep Penilaian Hasil Belajar K13, yang dilakukan oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Tahap berikut, Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan bertujuan untuk menilai pencapaian Standar Kompetensi Lulusan untuk semua mata pelajaran.

Konsep Penilaian Hasil Belajar Siswa yang harus dilaksanakan meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan; 
1. Penilaian aspek sikap: dilakukan melalui observasi/pengamatan dan teknik penilaian lain yang relevan, dan pelaporannya menjadi tanggungjawab wali kelas.
2.  Penilaian aspek pengetahuan: dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai.
3. Penilaian keterampilan: dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai.

Konsep Penilaian Hasil Belajar K13 Revisi 2017Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan dalam bentuk ulangan, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan dalam bentuk penilaian akhir, ujian sekolah dan ujian sekolah berstandar nasional. Untuk merealisasikan penilaian ini perlu disusun panduan penilaian. (File lengkap ini dapat di DOWNLOAD di paragraph di bawah ini).

Tahap ke-tiga; Penilaian yang dilakukan oleh pemerintah bertuajuan untuk memetakan tingkat penguasaan kompetensi dasar (materi) yang dapat diserap oleh siswa di daerah tertentu pada satuan pendidikan tertentu.  

Artikel pendek ini disarikan dari panduan penilaian, Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Mengharapkan melalui panduan ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, menyusun laporan, dan memanfaatkan hasil penilaian

Baca Juga; Panduan Penilaian SMA/MA 2017 Ppt, yang lebih lengkap untuk penduan penilaian tersebut. 

File lengkap panduan penilaian atau, Konsep Penilaian Hasil Belajar K13 Revisi 2017, silakan DOWNLOAD boleh juga klik di SINI. Terimakasih telah berkunjung di blog ini, semoga berguna kepada bapak/ibuk guru. 
Boleh komentar di bawah ini...

Romeltea Media
Adm Pembelajaran Updated at:

Be the first to reply! Tuliskan Komentar Anda di bawah ini:

 
back to top