Sabtu, 25 November 2017

Contoh Batas Pelajaran K13 Mts

Contoh Batas Pelajaran K13 Mts




Contoh Batas Pelajaran K13 MtsBatas Pelajaran juga disebut Jurnal Harian Kelas bertujuan untuk mencatat: mata pelajaran apa, materi apa, sudah sampai dimana disampaikan oleh guru yang bersangkutan di setiap kelas. Sehingga dapat diketahui batas pelajaran yang sudah disampaikan, maka perlu dicatat semua Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Disamping itu, guru juga perlu mencatat tersendiri melalui; jurnal pembelajaran harian memuat catatan guru tentang aktivitas mengajar yang telah dilaksanakan.

Contoh Batas Pelajaran K13 Mts

Buku Batas pelajaran atau Jurnal Harian Kelas digunakan untuk pencatatan kegiatan belajar mengajar tiap mata pelajaran dan kelas sebagai alat kontrol batas pelajaran. Jurnal Harian Kelas harus diikuti Daftar Hadir Siswa. Buku Batas pelajaran ada dua format, berikut ini adalah; Contoh Batas Pelajaran K13 Mts, ini dapat digunakan oleh SMP/MTs/SMA/MA/MAK/SMK. kecuali SD/MI. 
1. Gambar 1; Format pertama: 


Contoh Batas Pelajaran K13 Mts

2. Gambar contoh, format Batas Pelajaran;

Contoh Batas Pelajaran K13 Mts

Diiringi dengan Absensi kelas, dari absensi dapat diketahui jumlah siswa, sakit, izin atau alpa.
Contoh Daftar Hadir Siswa yang beriringan dengan Buku Batas Pelajaran: 

3. Gambar 3, Daftar Hadir Siswa

Contoh Batas Pelajaran K13 Mts

Catatan; Buku Batas Pelajaran K13 Mts atau Jurnal Harian Kelas dapat dipilih satu format dari nomor di atas. 
          1) Apabila mengambil format seperti pada gambar 1 maka Daftar Hadir                      mengikuti Daftar Hadir seperti pada gambar 3.
         2) Apabila mengambil format gambar pada No.2 maka Daftar Hadir boleh                   disesuaikan dipotong hanya sampai pada no.7 dan boleh juga diadopsi                  semuanya. 

Perangkat pembelajaran harus disiapkan oleh sekolah/ madrasah dan para guru dalam KBM yaitu; Buku Jurnal Harian kelas disiapkan oleh sekolah, tiap kelas. Istilah lain juga disebut, “Buku Jurnal Batas Pelajaran”, ini berguna untuk mencatat pelaksanaan pembelajaran setiap harinya. 

Artikel Terkait : Jurnal Agenda Guru SMA/MA

Jurnal Batas Pelajaran merupakan bukti phisik kinerja guru yang dilaksanakan sesuai dengan SK pengaturan beban mengajar (Roster atau jadwal mengajar). Pencatatan ini diperlukan untuk menjadi bukti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas atau batas pelajaran sebagai alat control oleh wali kelas dan kepada madrasah/sekolah terhadap kelangsungan proses pembelajaran di setiap kelas.

Jurnal Harian Kelas atau Batas Pelajaran K13 merupakan laporan pencatatan proses pembelajaran di kelas terhadap batas pelajaran dan kesesuai materi yang disampaikan. Kesuaian waktu penyampaian sesuai hari pertemuan efentif merupakan bagian dari etika guru professional. 

Demikian, Contoh Batas Pelajaran K13 Mts-ini bermanfaat kepada sekolah/ madrasah dan para guru dan pengawas sekolah.

Romeltea Media
Adm Pembelajaran Updated at:

Be the first to reply!

Posting Komentar

 
back to top